Sunday 20 March 2016

Kelebihan dan kekurangan dari SMK dan SMA


Kelebihan dan Kekurangan dari SMK dan SMA




SMA atau SMK ?

      Bicara tentang sekolahan tingkat SLTA adalah hal yang menarik di perbincangkan saat-saat kenaikan kelas, Khusunya bagi kelas IX yang akan melanjutkan sekolahnya ke jenjang selanjutnya yaitu SMK atau SMA. Tergantung kita sebagai pelajarlah yang akan memilih selera kita akan melanjutkan di SMA Atau SMK.

     Sebelum kita memilih untuk melanjutkan Study ke jenjang berikutnya, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa kekurangan dari SMK dan apa kekurangan dari SMA. Banyak berbagai pendapat tentang masalah SMK dan SMA. Ada yang hanya Pro dengan SMK, dan ada juga yang Pro Hanya kepada SLTA SMA bukan SMK. Pendapat-pendapat seperti itu adalah hal yang sudah di anggap wajar oleh masyarakat Indonesia.

      Untuk itu, kali ini saya akan mem-posting sebuah artikel dengan tujuan memberikan informasi agar kita tepat memilih sekolah yang sesuai dengan hati kita

Pertama kita mulai dari SMA

>> Untuk kelebihan SMA yaitu diantaranya :

# Lebih Luas Cangkupan Materi Pembelajaran

Untuk bidang pendidikan di SMA sangatlah lebih luas jika di bandingkan dengan SMK. Kebanyakan SMA di Indonesia mempunyai 3 jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Dari ketiga jurusan itu sudah dapat mencangkup semua aspek, Untuk jurusan IPA kita dapat masuk ke dalam ilmu kedokteran, pertambangan, sipil dan sebagainya. Untuk IPS sendiri kita juga dapat memasuki dunia social seperti ilmu sosiologi, ilmu sejarah dunia dan Indonesia, dan masih banyak yang lainya. Begitu pula dengan jurusan Bahasa. Kita dapat mendalami ilmu Bahasa Indonesia dan juga luar negeri seperti Jepang, Prancis, Arab dan lain-lain.

# Lebih banyak waktu untuk teman-teman

Di lingkup SMA sangatlah banyak organisasi dalam sekolah yang menawarkan kepada kita untuk mengikuti suatu organisasi. Seperti yang kita ketahui, Anggota organisasi di tuntut untuk dapat berbicara di hadapan umum minimal di depan seluruh anggota organisasi (Public Speaking). Disinilah kita dapat belajar bersosialisasi dengan sesame anggota, dengan guru dan kakak kelas serta teman-teman kita.

>> Untuk Kekurangan dari SMA yaitu :

# Pusing Dengan Banyaknya Pelajaran Karena SMA Bersifat Umum

Sesuai dengan kelebihan tadi di atas, cangkupan materi SMA memang sangat luas, tetapi disinilah masalah yang sering dihadapi oleh anak-anak SMA. Yaitu tidak kuat dengan banyaknya pelajaran/materi yang diterimanya. Sehingga mereka drop di salah satu atau beberapa mata pelajaran yang di anggap tidak sesuai dengan bidang bakat dan minatnya.

# Susah mencari pekerjaan setelah Lulus SMA

Memang banyak dari kita yang setelah lulus SMA tidak dapat melanjutkan ke jenjang kuliah karena faktor ekonomi yang sulit. Setelah kita terlanjur lulus dari SMA dan krisis ekonomi keluarga memburuk memang sangat sulit bagi kita untuk dapat langsung bekerja. Karena di SMA tidak mempunyai pengalaman bekerja seperti di SMK.

Kini Kita beralih ke SMK

>> kelebihan dari SMK

# Menjurus pada satu Bidang

Seperti yang kita ketahui, manusia akan lebih mantap melaksanakan tugas apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan tidak setengah-setengah. Di SMK kita akan di tuntut untuk dapat fokus ke satu bidang saja. Sperti misalnya jurusan mesin, kita akan sangat mendalami mesin selama kurun waktu 3 tahun walau ada pula pelajaran wajib yang kita pelajari seperti matematika, Ppkn dan sebagainya.


# Mempunyai Pengalaman Bekerja

Di SMK kita akan berlatih bekerja untuk mendapatkan pengalaman bekerja, biasanya ini akan di lakukan di kelas 2 SMK atau kelas 11. SMK juga akan menuntut kita untuk dapat mahir dalam praktikum sesuai dengan bidang jurusan yang kita pilih. Sehingga anak-anak SMK popular dengan kemahiran dalam praktek di lapangan.

>> kekurangan dari SMK

# Terbatasnya pilihan jurusan di dunia Kuliah

Sesuai dengan namanya, SMK memang terdapat beberapa jurusan, mulai dari tata boga, sampai elektronik semua ada di SMK. Tetapi bagaimana jika anak SMK jurusan tataboga ingin melanjutkan kuliah di jurusan elektronik ? atau pertambangan ? sangat kecil kemungkinan untuk dapat memasuki kuliah yang beda dengan jurusan dulu ketika mereka di SMK. Karena ilmu yang di berikan di SMK berbeda jika mereka memilih jurusan yang berbeda di kuliah.



# Kurang waktu bersama teman-teman

SMK adalah sekolah yang sudah menjurus langsung di suatu bidang, oleh karena itu kita pasti akan di tuntut untuk lulus dalam keadaan siap bekerja, dalam berbagai macam latihan lapangan pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan secara otomatis anak SMK akan berkurang jam untuk teman-temannya. Mereka hanya dapat bertemu di sekolah, untuk dapat ketemu di tempat main luar sekolah hanya bisa dilakukan di hari libur.

     Sekarang semua tergantung pada diri kita masing-masing, apakah kita akan memilih SMK atau SMA? semua ada dalam niat kita. jangan sampai kita salah memilih sebuah sekolah karena sebab ajakan ataupun paksaan dari orang tua.karena sebuah sekolah akan mengantar kita ke masa depan kita kelak

Demikian informasi tentang SMK dan SMA semoga membantu anda dalam memilih sebuah sekolah. Terimakasih.


1 comment:

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Dari Smk Dan Sma ~ Tekhnik Dan Tips >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Kelebihan Dan Kekurangan Dari Smk Dan Sma ~ Tekhnik Dan Tips >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Kelebihan Dan Kekurangan Dari Smk Dan Sma ~ Tekhnik Dan Tips >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete